KOTAK PENCARIAN:

Pengetahuan Remaja Putri Tentang Periksa Payudara Sendiri (SADARI)

iklan1
Pengetahuan Remaja Putri Tentang Periksa Payudara Sendiri (SADARI):

Masa remaja merupakan suatu periode rentan kehidupan manusia yang sangat kritis karena merupakan tahap transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Di negara maju insiden kanker payudara 87 per 100.000, angka kematiannya kira-kira 27 per 100.000. Di Indonesia kanker payudara menduduki peringkat nomor 2 dari insiden semua tipe kanker. Kira-kira sepertiga dari penyakit kanker dapat ditemukan cukup dini untuk dapat disembuhkan. Berdasarkan prasurvey berupa pertanyaan lisan pada 20 siswa perempuan di SMU Negeri 1 Pringsewu tentang SADARI terdapat 18 orang siswi yang belum mengetahuinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja putri tentang SADARI di SMU Negeri 1 Pringsewu tahun 2006. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 30 pertanyaan, teknik pengukurannya menggunakan persentase dan skala ukur interval.
Subjek penelitian ini adalah siswi kelas I – III SMU Negeri 1 Pringsewu tahun 2006. Objeknya adalah tingkat pengetahuan remaja putri di SMU Negeri 1 Pringsewu tahun 2006. tentang SADARI. Besarnya sampel adalah 100 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling secara undian (Lottery technique).
Hasil penelitian mengenai tingkat pengetahuan remaja putri tentang SADARI per sub variabel, yaitu: Pengetahuan tentang pengertian SADARI sebanyak 60% responden dalam kategori cukup. Pengetahuan tentang tujuan SADARI sebanyak 85% responden dalam kategori baik. Pengetahuan tentang waktu SADARI sebanyak 36% responden dalam kategori cukup. Pengetahuan tentang cara SADARI sebanyak 40% responden dalam kategori kurang. Pengetahuan tentang hasil SADARI sebanyak 46% responden dalam kategori tidak baik. Secara keseluruhan tingkat pengetahuan remaja putri di SMU Negeri 1 Pringsewu tentang SADARI adalah kurang yaitu 55,33%.

Kata Kunci:Pengetahuan, Remaja Putri, Periksa Payudara Sendiri (SADARI)

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA