KOTAK PENCARIAN:

Pengetahuan Ibu tentang Tumbuh Kembang Batita Usia 1-2 Tahun

iklan1
Pengetahuan Ibu tentang Tumbuh Kembang Batita Usia 1-2 Tahun:
Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa batita. Karena pada masa ini pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pada masa Batita ini perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial emosional, dan intelegensia berjalan sangat cepat dan merupakan landasan bagi perkembangan selanjutnya. Pada studi pendahuluan diperoleh hasil bahwa kebanyakan dari ibu-ibu menganggap bahwa apabila imunisasi sudah lengkap, mereka tidak lagi membawa anaknya ke penimbangan pada setiap bulannya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang batita  1-2 tahun di wilayah kerja Puskesmas Wates Kabupaten Lampung Tengah dengan subjek penelitian adalah ibu yang mempunyai batita 1-2 tahun di wilayah kerja puskesmas wates, dan objek penelitian yaitu pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang batita.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai batita 1-2 tahun dan sampel dalam diambil dari keseluruhan ibu yang memeriksakan ataupun menimbangkan batitanya dan diperoleh sejumlah 30 orang ibu (total populasi). Pengambilan data menggunakan kuisioner, dan analisa data univariat menggunakan persentase dan skala ukur menggunakan skala ordinal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang batita 1-2 tahun di wilayah kerja Puskesmas Wates pada tahun 2009 adalah 14 orang ibu dengan pengetahuan yang cukup (47%), 10 orang ibu dengan pengetahuan yang baik (33%), 5 orang dengan pengetahuan yang kurang (17%), dan 1 orang ibu dengan pengetahuan yang tidak baik (3%). Dan untuk pengetahuan ibu secara keseluruhan diperoleh hasil 70% atau dalam kategori cukup.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang batita 1-2 tahun di wilayah kerja Puskesmas Wates pada tahun 2009 secara umum adalah cukup.

Kata Kunci : Pengetahuan Ibu, Tumbuh Kembang, Batita Usia 1-2 tahun

DAFTAR PUSTAKA 
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Identifikasi Masalah
C. Rumusan Masalah
D. Ruang Lingkup Penelitian
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Tinjauan Pustaka Variabel Penelitian
1. Pengetahuan
2. Pertumbuhan
3. Balita
4. Faktor-faktor Tumbuh Kembang Batita
B. Kerangka Teori
C. Kerangka Konsep
D. Definisi Operasional Variabel

BAB III METODE PENELITIAN
A. Desain Penelitian
B. Populasi dan Sampel
1. Populasi
2. Sampel
C. Waktu dan Lokasi Penelitian
1. Waktu Penelitian
2. Lokasi Penelitian
D. Variabel Penelitian
E. Instrumen Penelitian
F. Analisa Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMABAHASAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian
B. Hasil Penelitian
C. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN 

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI