KOTAK PENCARIAN:

Hubungan Antara Personal Hygiene Dengan Keputihan Pada Remaja Putri

iklan1
Hubungan Antara Personal Hygiene Dengan Keputihan Pada Remaja Putri:

Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan menganggap enteng terhadap persoalan keputihan. Leukorrhoe (white discharge, fluor albus, keputihan) adalah nama gejala yang diberikan kepada cairan yang dikeluarkan dari alat genital yang tidak berupa darah.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara keputihan dengan personal hygiene pada remaja putri kelas X dan XI yang akan dilaksanakan di SMA Negeri 4 Metro tahun 2010, dengan alasan banyak terdapat siswi yang mengalami keputihan dan kurang mengetahui mengenai personal higiene.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional guna mengetahui hubungan antara keputihan dengan personal hygiene dengan populasi penelitian adalah siswi kelas X dan XI di SMA Negeri 4 Metro yang berjumlah 292 orang siswi, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 169 orang siswi yang dipilih secara acak dengan tehnik simple random sampling. Variabel yang diteliti adalah personal hygiene sebagai variabel bebas dan keputihan sebagai variabel terikat dengan instrumen pengumpulan data angket berupa kuisioner yang kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus uji statistik chi-square yang diolah secara komputerisasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan remaja tentang personal hygiene sebagian besar adalah dengan pengetahuan kurang sebanyak 94 siswi (55,62%), dan kejadian keputihan sebagian besar adalah dengan keputihan yang normal sebanyak 122 siswi (72,19%). Hasil uji statistik p = 0,00 lebih rendah dari nilai alpha ( , sehingga ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang personal hygiene dengan kejadian keputihan yang abnormal, dari hasil analisis diperoleh nilai OR: 8,896 (lower = 3,515 upper =22,514).
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan remaja putri tentang persnonal hygiene dengan keputihan di SMA Negeri 4 Metro. Dari kesimpulan tersebut maka dapat disarankan kepada para remaja untuk dapat menambah pengetahuannya dengan menggali informasi dari sumber yang benar seperti tenaga kesehatan sumber informasi lainnya.

Kata kunci : Hubungan, Personal Hygiene, Keputihan

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA