KOTAK PENCARIAN:

Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kebersihan Alat Kelamin Pada Saat Menstruasi

iklan1
Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kebersihan Alat Kelamin Pada Saat Menstruasi:

Ciri remaja pada anak wanita biasanya ditandai dengan tubuh mengalami perubahan dari waktu ke waktu sejak lahir. Perubahan yang cukup menyolok terjadi ketika remaja baik perempuan dan laki-laki memasuki usia antara 9 sampai 15 tahun, pada saat itu mereka tidak hanya tubuh menjadi lebih tinggi dan lebih besar saja, tetapi terjadi juga perubahan-perubahan di dalam tubuh yang memungkinkan untuk bereproduksi atau berketurunan. Perubahan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa atau sering dikenal dengan istilah masa pubertas ditandai dengan datangnya menstruasi (pada perempuan) atau mimpi basah (pada laki-laki). Menarche (haid) merupakan puncak dari serangkaian perubahan yang terjadi pada seorang wanita sedang menginjak dewasa. Perubahan timbul karena serangkaian interaksi antara beberapa kelenjar di dalam tubuh. Pusat pengendali yang utama adalah bagian otak, disebut hypothalamus, yang bekerjasama dengan kelenjar bawah otak mengendalikan urutan-urutan rangkaian perubahan itu (www.bkkbn.co.id.2006)
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan remaja putri tentang kebersihan alat kelamin pada saat menstruasi di dusun Serbajadi Kecamatan Natar Lampung Selatan tahun 2006. 
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, subjek penelitiannya yaitu remaja putri usia 10-19 tahun. Sedangkan objek penelitiannya adalah pengetahuan tentang kebersihan alat kelamin pada saat menstruasi. Total populasi pada penelitian ini yaitu 279 remaja putri, sedangkan sampel yang diambil adalah 69 responden. Alat pengambilan data yang digunakan adalah lembar kuesioner yang terdiri dari 15 pertanyaan tentang kebersihan alat kelamin pada saat menstruasi.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendidikan remaja putri di dusun Serbajadi Kecamatan Natar sebagian besar berpendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sedangkan  tingkat pengetahuan remaja putri tentang kebersihan alat kelamin pada saat menstruasi dari 69 responden 36 orang (52,17%) memiliki pengetahuan dalam kategori baik, 30 orang (43,48%) kategori cukup, 2 orang (2,90%) kategori kurang, dan 1 orang (1,45%) dalam kategori kurang sekali. 
Kesimpulan secara umum dapat diketahui bahwa sebagian besar responden berpendidikan Sekolah Mengah Atas (SMA) sedangkan tingkat pengetahuan remaja putri tentang kebersihan alat kelamin pada saat menstruasi di dusun Serbajadi Kecamatan Natar Lampung Selatan tahun 2006 sebagian besar termasuk dalam kategori baik. 

Kata Kunci : Pengetahuan Remaja Putri, Kebersihan Pada Saat Menstruasi.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA