KOTAK PENCARIAN:

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kanker Serviks di RS

iklan1
Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kanker Serviks di RS:

Menurut data 83 % penderita kanker serviks terdapat di negara-negara sedang berkembang. 510.000 orang wanita didiagnosis karena kanker serviks, 280.000 orang diantaranya meninggal dunia. Menurut data WHO setiap 2 menit orang meninggal dunia karena kanker serviks di Negara berkembang. Di Indonesia, kasus baru kanker serviks ditemukan 40–45 kasus perhari. Diperkirakan setiap satu jam, seorang perempuan meninggal karena kanker serviks. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kanker serviks di RSUD Dr. Hi.  Abdul Moeloek Provinsi Lampung tahun 2010.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan rancangan penelitian survey cross sectional dimana hasil penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara dua variabel penelitian yang dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan dan secara langsung, populasi pada penelitian ini adalah pasien dengan kasus gynecologi di RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung pada tahun 2010 yang berjumlah 678 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampelnya 252 orang yang diambil dengan tehnik simple random sampling dan datanya dikumpulkan dari data rekam medik selanjutnya dilakukan analisis univariat dengan persentase dan bivariat dengan uji chi square.
Hasil penelitian diperoleh bahwa kejadian kanker servik di RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung tahun 2010 terdapat 91 kasus (36,11%), umur responden sebagian besar dengan umur < 35 tahun yaitu (67,06%), paritas responden sebagian besar dengan paritas < 3 yaitu (87,30%), pnggunaan pil kontrasepsi, sebagian besar dengan penggunaan < 5 tahun yaitu (64,68%), ada hubungan yang bermakna antara umur, paritas, dan penggunaan pil kontrasepsi dengan kejadian kanker serviks, dengan nilai p  < 0,05. 
Dari hasil tersebut tersebut maka disarankan bagi pihak RSU Abdoel Moeloek agar dapat meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kesehatan pada yang datang untuyk memeriksakan diri ke bagian Gynecologi di RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek terutama ibudengan faktor resiko mengalami kanker serviks.

Kata Kunci : Umur, Paritas,  Penggunaan pil kontrasepsi, kanker serviks
Daftar Bacaan : 21 (1993-2005)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA